OPTIMASI SUHU DAN LAMA PENGUKUSAN UNTUK MEMPERPANJANG UMUR SIMPAN GETUK PISANG RAINBOW

Fatimah Fatimah, Erfanur Adlhani, Dwi Sandri

Abstract


Getuk merupakan pangan semi basah yang biasanya terbuat dari ubi kayu melalui tahap persiapan bahan, pengukusan, penghancuran atau penumbukan, pencampuran bahan tambahan dan pencetakan atau pembentukan. Getuk pisang rainbow merupakan produk inovasi olahan getuk berbahan baku pisang uli. Produk ini dinamakan getuk rainbow karena memiliki tiga variasi
warna sehingga terlihat seperti pelangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperpanjang umur simpan getuk pisang rainbow dengan melakukan optimasi terhadap suhu dan lama pengukusan getuk. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan variasi suhu 600C, 700C, 800C, dan 900C dan variasi waktu untuk masing-masing suhu pengukusan 15 menit, 30
menit, dan 45 menit. Penentuan umur simpan dilakukan menggunakan metode Extended Storage Studies (ESS) yaitu penentuan tanggal kadaluwarsa dengan jalan menyimpan suatu seri produk pada kondisi normal sehari-hari sambil dilakukan pengamatan terhadap penurunan mutunya hingga mencapai tingkat mutu kadaluwarsa. Hasil menunjukkan bahwa suhu pengukusan terbaik diperoleh pada suhu 800C dengan waktu pengukusan selama 45 menit yang mana getuk pisangrainbow diterima oleh panelis 80% dengan waktu penyimpanan selama 2 hari, dan berdasarkan hasil pengamatan bakteri, getuk pisang rainbow dapat bertahan selama 2 hari dengan jumlah mikroba yang melewati ambang batas yang diperbolehkan pada hari ke-3.

Kata kunci : getuk, getuk pisang rainbow, umur simpan


Keywords


getuk; getuk pisang rainbow; umur simpan

References


Erna, R.W. 2015. Pembuatan Getuk Pisang Rainbow untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis Pisang Uli. Skripsi. Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Politeknik Negeri Tanah Laut, Pelaihari, Kalimantan Selatan.

Herawati, H. 2008. Penentuan Umur Simpan pada Produk Pangan. Jurnal Litbang Pertanian 27(4).

Karlah, L. R., Mansauda, Fatimawali, Kojong, N. 2014. Analisis Cemaran Bakteri Coliform Pada Saus Tomat Jajanan Bakso Tusuk Yang Beredar Di Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi –UNSRAT. Vol 3 No 2.

Sukmaningsih, T., Joko, dan Hantoro, A. 2005. Masa Simpan Daging Ayam Buras setelah Dikukus sebelum Pemasaran. Abstrak. Laporan Penelitian Bidang Ilmu Kimia, PDII-LIPI.

Syarif, R. dan Halid. 1993. Teknologi Penyimpanan Pangan. Pusat Studi Antar Universitas IPB. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.