METODE PENGUKURAN BLOW-BY MENGGUNAKAN U-TUBE AIR BERBASIS PERSAMAAN BERNOULLI TERHADAP DIESEL ENGINE BULDOZER

Rusuminto Syahyuniar, Yuliana Ningsih

Abstract


Pada motor diesel proses pembakaran yang terjadi didalam ruang bakar disebabkan oleh adanya salah satu proses 4 langkah yaitu kompresi udara yang dilakukan oleh dorongan piston dari titik mati bawah ke titik mati atas dengan menekan udara didalam ruang bakar sampai dengan volume tertentu yang mengakibatkan naiknya temperatur dan tekanan didalam ruang bakar, pada saat langkah akhir kompresi udara didalam ruang bakar mengalami kenaikan temperatur berkisar antara 450 sampai 500 derajat Celcius dan naiknya tekanan menjadi 30 Kg/Cm3, kemudian bahan bakar diesel disemprotkan kedalam ruang bakar yang mengakibatkan terjadinya rambatan api yang begitu cepat yang dimulai dari dinding silinder atau, dari hasil pembakaran inilah yang digunakan untuk mendorong kembali piston dari titik mati atas ketitik mati bawah dan proses tersebut terjadi secara berulang ulang berdasarkan prinsip 4 tak, Prestasi suatu engine terutama mesin diesel itu tidak lepas dari kemampuannya melakukan proses kompresi secara baik, proses ini diharapkan karena prinsip kerja dari motor diesel  yaitu memanfaatkan naiknya temperatur udara yang tinggi didalam ruang bakar untuk membakar bahan bakar, dalam proses kegiatan preventive maintenance salah satu unsur yang terpenting adalah memeriksa tekanan kompresi engine dengan cara mengetahui seberapa besar tingkat kebocoran kompresi, keakuratan hasil pengukuran menjadi faktor yang sangat penting untuk menghasilkan data yang tepat untuk digunakan sebagai dasar dalam menganalisa dimana kerusakan yang terjadi.


Keywords


Motor Diesel; Pembakaran; Ruang Bakar; Engine; U-Tube Manometer

References


A Soedradjat S,Ir. 1983. Mekanika Fluida & Hidrolika.

Dietzel, Fritz. Sriyono, Dakso. 1980. Turbin Pompa Dan Kompressor.

Heywood.Jhon B. 1998. “Internal Combustion Engine Fundamentals.

Lackner.Maxmilian, Arpad b.Palotas, Franz Winter, june 2013. Combustion (From Basic To Applications)

Konrad Reif, E.D. 2014. Diesel Engine Management.

Konrad Reif, E.D. 2015. Gasoline Engine Management.

Mahle GmbH. Stuttgart. 2012. Piston And Engine testing.

Merker. Gunter P, Schwarz. Christian, Teichmann Rudiger, 2012. Combustion Engine Development.

Mollenhauer. Klaus, Tschoeke. Helmut, 2010, Handbook Of Diesel Engines.

School UT. 1999. “Diesel Engine 2, January 1999.

Streeter. Victor.L, Wylie.E. benjamin, Prijono. Arko. 1986. Mekanika Fluida.

Warnatz, J. Maas, U., Dibble, R.W. 2006. Combustion.

http://www.edukasi.net/mapok/mp_full.php?

id=248&f name=materi05.html (diakses tanggal 20 juni 2017)

http://katalog.pdii.lipi.go.id/index.php/search

katalog/downloadDatabyId/5412/5413.pdf (diakses tanggal 20 juni 2017)

http://web.ipb.ac.id/~erizal/mekflud/

modul2.pdf. (diakses tanggal 20 juni 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.