RANCANG BANGUN MESIN PERONTOK PADI PORTABEL DENGAN PENGGERAK MESIN SEPEDA MOTOR

Anton Kuswoyo

Abstract


Telah dilakukan penelitian berupa pembuatan alat perontok padi portable dengan penggerak mesin sepeda motor. Selama ini mayoritas petani tradisional di Kecamatan Gambut, Kalimantan Selatan, masih menggunakan cara manual untuk merontokkan padi ketika panen. Akibatnya hasil yang diperoleh tidak maksimal dan memerlukan tenaga yang banyak. Sementara mesin perontok padi (power threser) buatan pabrik harganya sangata mahal dan tidak terjangkau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah alat perontok padi portable yang ringkas, praktis dan murah dengan aplikasi teknologi sederhana sehingga bisa menjadi solusi tepat bagi petani dalam hal merontok padi. Metode penelitian ini berupa survei lapangan, wawancara, identifikasi permasalahan, studi literatur, redesign alat perontok padi, uji coba, penyempurnaan alat perontok padi. Hasil informasi baik mengenai permasalahan dalam hal merontok padi sampai keinginan petani dengan mesin perontok yang lebih murah, kemudian diwujudkan dengan “Pembuatan Alat Perontok Padi Portable dengan Penggerak Mesin Sepeda Motor”. Alat ini memiliki beberapa keunggulan yaitu: lebih murah, bahkan sangat murah, ringan, ringkas, portable, hemat bahan bakar, kinerja cukup baik, tidak memerlukan tenaga operasional (pekerja) terlalu banyak dan  mudah dioperasikan.


Keywords


power threser; portable; Gambut-Kalimantan Selatan

References


Dinas Pertanian tanaman Pangan dan Holtikultura.

http://distan.kalselprov.go.id/2009/07/dinas-pertanian-tanaman-pangan-dan-hortikultura-terus-memantau-hasil-produksi-padi-kalimantan-selatan/. Diakses tanggal: 10 Oktober 2016.

Rafieq, A. 2003. Mengembangkan Pengetahuan Petani Untuk Inovasi teknologi. BPTP Kalsel.

Idak, H. 1982. Perkembangan dan Sejarah perswahan di Kalimantan Selatan. Pemda Tingkat I. Kalimantan Selatan. Banjarmasin.

Purwanto, I. 1992. Mesin Perontok Padi: Dasar Penggunaan dan Karakteristik Thresher. Yogyakarta : Penerbit Kanisius. Jogjakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.