PENGUJIAN EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN EMPAT TAK SATU SILINDER MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM DENGAN ETANOL

Ika Kusuma Nugraheni, Robby Haryadi

Abstract


Kelangkaan bahan bakar minyak dan kualitas udara yang semakin memburuk memberikan pengaruh terhadap kehidupan. Meningkatnya volume kendaraan menambah kedua permasalahan menjadi semakin parah. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan bahan bakar alternatif yaitu etanol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari emisi gas buang yang terkandung (CO dan HC rendah) dari campuran etanol dengan premium, menganalisis bahan bakar dari campuran etanol dengan premium pada tiap varian untuk menentukan jumlah kandungan etanol yang tepat agar menghasilkan emisi gas buang yang baik. Sepeda motor empat tak satu silinder yang digunakan adalah sepeda motor Honda Beat 108cc tahun 2010. Bahan bakar yang digunakan untuk penelitian ini adalah premium murni (E0), campuran etanol 5% + premium 95% (E5), campuran etanol 10% + premium 90% (E10), campuran etanol 15% + premium 85% (E15), campuran etanol 20% + premium 80% (E20), dan pertalite sebagai pembanding. Etanol yang digunakan adalah etanol dengan kandungan 95%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pencampuran etanol pada premium terhadap kandungan emisi gas buang. Kandungan emisi CO terendah dihasilkan bahan bakar campuran E10 yaitu sebesar 0,11% vol. Kandungan HC terendah dihasilkan bahan bakar campuran E15 sebesar 1567,6 ppm vol. Hasil penelitian ini masih di bawah nilai ambang batas emisi gas buang berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006. Penambahan etanol E10 adalah yang paling efektif dalam menurunkan kadar emisi gas buang yaitu sebesar 8%.


Keywords


emisi gas buang; etanol; premium

References


Kusminingrum, Nanny, dan G. Gunawan. Polusi Udara Akibat Aktivita Kendaraan Bermotor di Jalan Perkotaan Pulau Jawa dan Bali. Artikel Penelitian.

Prihandana, R, K. Noerwijati, P. G. Adinurani, D. Setyaningsih, S. Setiadi, dan R.Hendroko. 2008. Bioetanol Ubi kayu: Bahan Bakar Masa Depan. Jakarta:Agromedia.

Fauji, Mukhamad., 2015. Pengaruh Bioetanol Terhadap Lambda Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Empat Tak Satu Silinder Berbahan Bakar Premium. Skripsi: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Hardjono. A. (2001). Teknologi Minyak Bumi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Permen. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 5 tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama.

Raharjo, Winarno Dwi, dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Buku Ajar. Semarang: Unnes Press.

Suparyanto, Karno MW, dan Basori. Analisis Penggunaan X Power dan Variasi Campuran Bahan Bakar Premium – Etanol terhadap Kadar Gas Polutan CO dan HC pada Sepeda Motor Supra X 125 Tahun 2009. Artikel.

Winangun, Kuntang., 2011. Uji emisi penggunaan bioetanol dari tetes tebu sebagai campuran premium dengan oktan booster pada sepeda motor yamaha vega ZR 2009.

Wiratmaja, IG. 2010. Pengujian Karakteristik Fisika Biogasoline Sebagai Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin Murni. Cakra M. Volume 4. Nomor 2:145-154.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.